Pembelajaran Pianika dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya di SMP N 9 Padang

Sesmita, Yulia (2019) Pembelajaran Pianika dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya di SMP N 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Yulia_Sesmita_15023060_1989_2019.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran musik pianika dengan menggunakan metode tutor sebaya di kelas VII.5 SMPN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera foto. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Tahap menganalisis data adalah mengelompokkan data, mengklarifikasi data dan mendeskrisikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran pianika, dengan menggunakan metode tutor sebaya di SMP Negeri 9 Padang Kelas VII.5 sudah terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil yang dicapai siswa dari nilai harian 95% siswa tuntas dalam materi pembelajaran pianika dan juga dapat kita bandingkan dengan basil belajar siswa sebelum menggunakan metode tutor sebaya dengan basil belajar hanya 70%. Dapat disimpulkan Pembelajaran seni budaya dengan menggunakan metode tutor sebaya pada konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan sangat tepat dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:45
Last Modified: 29 Jul 2019 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22294

Actions (login required)

View Item View Item