Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman

Aulya, Kesi Noferika (2019) Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Kesi_Noferika_Aulya_15016112_2036_2019.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan diksi teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dari penelitian ini berupa teks-teks laporan hasil observasi yang diperoleh dari sumber data penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen. Dokumen yang digunakan adalah kumpulan teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman, yang dikumpulkan pada saat pelajaran Bahasa Indonesia semester I kepada guru. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Teori yang digunakan adalah teori struktur dan diksi. Struktur yang digunakan adalah strutur teks laporan hasil observasi yang dibedakan menjadi tiga, yakni deskripsi umum, deskripsi bagian dan simpulan. Teori kedua yaitu diksi (pilihan kata) yang dilandasi dengan ketepatan penulis dalam pemilihan kata. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman telah menggunakan ketiga struktur teks laporan hasil observasi. Ketiga struktur teks laporan hasil observasi tersebut, yaitu definisi umum, deskripsi bagian dan simpulan. Hal itu terbukti dari semua teks laporan hasil observasi yang telah dianalisis, sebagian besar siswa sudah menulis teks laporan hasil observasi dengan lengkap menggunakan unsur definisi umum, unsur deskripsi bagian, dan unsur simpulan. Kedua, jika dilihat dari penggunaan diksi siswa sudah mampu menggunakan diksi secara tepat. Dari teks yang dianalisis siswa lebih dominan tepat dalam penulisan diksi, meski juga terdapat kesalahan dalam pembentukan, salah dalam penulisan, dan salah dalam penggunaan makna dalam teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:36
Last Modified: 25 Jul 2019 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item