Pengawasan Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram (Studi Kasus di Pangkalan Liquefied Petroleum Gas 3 Kilogram di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang)

Tri, Ella Dewi (2019) Pengawasan Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram (Studi Kasus di Pangkalan Liquefied Petroleum Gas 3 Kilogram di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Ella_Dewi_Tri_15042009_1633_2019.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Kota Padang mengeluarkan Peraturan Gubemur Sumatera Barat Nomor 95 tahun 2014 tentang Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram ditingkat pangkalan sebesar 17.000 di Kota Padang, dalam pengawasan dilakukan oleh tim pembinaan dan pengawasan dikeluarkannya Surat Keputusan Sekretaris Daerah Kota Padang Nomor 800.IV.2294.IX/09-2017, namun dalam pengawasan yang ditemukan penulis belum optimal ditandai dengan banyaknya pangkalan di Kelurahan Parupuk Tabing yang menjual Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram diatas Harga Eceran Tertinggi yang telah ditetapkan, kurangnya koordinasi antara instansi yang terlibat dalam pengawasan, tidak adanya sanksi atau tindakan yang tegas yang diberikan oleh tim pengawasan terhadap pangkalan yang melakukan penyimpangan, dan papan blank usaha Harga Eceran Tertinggi yang tidak mendapat pemeriksaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengawasan Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang serta hambatan dan upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deksriptif Kualitatif, penelitian dilakukan di Sekretaris Daerah Kota Padang, Dinas Perdagangan Kota Padang, PT. Pertamina (Persero) Kota Padang, Satuan Polisi Pamong Praja dan pangkalan di Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang, informan penelitian ditentukan secara porposive sampling sedangkan penarikan sampel pada masyarakat menggunakan teknik sampling insidental. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengawasan Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram yang dilakukan di Kelurahan Parupuk Tabing belum optimal ditemukan terdapat pangkalan yang tidak pemah diperiksa oleh tim pembinaan dan pengawasan, hal ini disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia dalam pengawasan, kurangnya koordinasi, serta peraturan yang ada kurang mengakomodir pelaksanaan pengawasan dilapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jul 2019 05:02
Last Modified: 23 Jul 2019 05:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22213

Actions (login required)

View Item View Item