Kesesuaian Materi Sejarah Indonesia Kelas X pada Layanan Aplikasi Ruangguru dengan Indikator Pencapaian Kompetensi RPP Guru Sejarah Kurikulum 2013

Rahman, Fathur (2019) Kesesuaian Materi Sejarah Indonesia Kelas X pada Layanan Aplikasi Ruangguru dengan Indikator Pencapaian Kompetensi RPP Guru Sejarah Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Fathur_Rahman_14046067_1450_2019.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang kurang memanfaatkan sumber belajar dan terfokus menggunakan buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang masih terdapat kekurangan di dalamnya sebagai sumber belajar siswa sehingga tidak dapat mencapai semua indikator pencapaian kompetensi pada RPP guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa jauh materi Sejarah Indonesia kelas X pada layanan Ruangguru yang dapat mendukung indikator pencapaian kompetensi dalam RPP yang dibuat guru SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif dengan tipe studi evaluatif. Sumber data sekaligus objek penelitian yakni materi Sejarah Indonesia kelas X pada layanan Ruangguru dan indikator pencapaian kompetensi pada RPP guru Sej arah Indonesia SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang kelas X. Data yang dikumpulkan dengan cara studi dokumen dan teknik analisis konten yang menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 17 materi Sejarah Indonesia kelas X yang disediakan Ruangguru terdapat 9 materi yang di dalamnya sesuai dan yang tidak sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Untuk yang sesuai, dari 35 indikator pencapaian kompetensi terdapat 24 indikator yang relevan dengan materi Ruangguru antara lain indikator 3.2.1, 3.2.2, 3.2.3, 3.2.4 relevan dengan materi ke-3 Ruangguru. Indikator 3.3.1, 3.3.3, 3.3.4, 3.3.5 relevan dengan materi ke-7 Ruangguru. Indikator 3.4.1, 3.4.2 relevan dengan materi ke-6 dan 8 Ruangguru. Indikator 3.5.1, 3.5.4 relevan dengan materi ke-10 Ruangguru. Indikator 3.6.1, 3.6.2, 3.6.4 bagian 1 relevan dengan materi ke-12 Ruangguru. Indikator 3.6.1, 3.6.2, 3.6.3, 3.6.4, 3.6.5 bagian 2 relevan dengan materi ke-12 dan 16 Ruangguru. Indikator 3.7.1, 3.7.2, 3.7.4, 3.7.5 relevan dengan materi ke-17 Ruangguru. Sebaliknya yang tidak sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi terlihat dari 11 indikator yang tidak relevan dengan materi Ruangguru antara lain indikator 3.2.5 tidak relevan dengan materi ke-3 Ruangguru. Indikator 3.3.2 tidak relevan dengan materi ke-7 Ruangguru. Indikator 3.4.3 tidak relevan dengan materi ke-6 dan 8 Ruangguru. Indikator 3.5.2, 3.5.3, 3.5.5 tidak relevan dengan materi ke-10 Ruangguru. Indikator 3.6.3, 3.6.5 bagian 1 tidak relevan dengan materi ke-12 Ruangguru. Indikator 3.6.6 bagian 2 tidak relevan dengan materi ke-12 dan 16 Ruangguru. Indikator 3.7.3. dan 3.7.6 tidak relevan dengan materi ke-17 Ruangguru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jul 2019 05:00
Last Modified: 23 Jul 2019 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item