Pengaruh Faktor Individual dan Situational terhadap Niat Whistleblowing pada Pegawai Negeri Sipil Tidak Berjabatan di Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Mulfag, Febby Chika Putri (2019) Pengaruh Faktor Individual dan Situational terhadap Niat Whistleblowing pada Pegawai Negeri Sipil Tidak Berjabatan di Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ FEBBY_CHIKA_PUTRI_MULFAG_15043007_1663_2019.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor individu dan situasional yang mempengaruhi niat PNS untuk melakukan whistleblowing, terutama bagi PNS yang tidak berada di Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Faktor individu terdiri dari tiga faktor utama, yaitu sikap terhadap whistleblowing, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan dan tiga faktor utama pada faktor situasional, yaitu keseriusan kesalahan, status kesalahan, dan biaya pelaporan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling yang terdiri dari 56 karyawan. Studi ini menemukan bahwa faktor-faktor individual dan situasional berhasil memprediksi niat whistleblowing, Secara khusus, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam anteseden dari niat whistleblowing antara pegawai negeri sipil yang tidak memiliki posisi di BAKEUDA: sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, keseriusan kesalahan, status kesalahan, dan pribadi biaya pelaporan. Kata kunci: Teori Perilaku Organisasi Prososial, Teori Perilaku Berencana, Whistleblowing, Faktor Individu, Faktor Situasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:58
Last Modified: 23 Jul 2019 04:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item