Implementasi Pembelajran Karakter bagi Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) di Kota Padang

Hidayati, Abna and Bentri, Alwen (2018) Implementasi Pembelajran Karakter bagi Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) di Kota Padang. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_69_lapakh_LaporanPPT-AbnaHidayati.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian tahap I yang dilakukan judul pengembangan video pembelajaran untuk penguasaan nilai-nilai karakter bagi anak usia dini di Kota Padang. Pengembangan video telah dilakukan pada tahap I penelitian ini dan tahap 2 dilakukan implementasi pada sekolah sampel yakni Paud yang berada di wilayah penelitian yakni Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi video pembelajaran di lembaga Paud Kota Padang. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian pengembangan. Adapun tahapan pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapannya dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap implementasi mengguakan perbandingan dua kelas yakni kelas kontrol dan eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada TK/Paud Azdkia II yang berada di Pasir Putih Kota Padang sebanyak 56 orang siswa. Kelas Kontrol merupakan kelas A dengan jumlah 17 orang dan kelas B dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan buku cerita bergambar dan kelas eksperiment diberikan dengan penggunaan video pembelajaran yang telah dirancang. Instrument pengumpulan data adalah pedoman observasi dan angket yang diberikan dengan penyampaian secara lisan kepada siswa yang bersangkatan dengan item pertanyaan ya dan tidak. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat perbedaan nilai rata-rata penguasaan nilai karakter sebelum diberikan ujicoba melalui media video yakni lebih tinggi 13,73 dibandingkan 11,70. Selanjutnya pada ujicoba melalui media gambar juga terdapat perbedaan antara nilai rata-rata sebelum yakni 12,67 dibandingkan sebelumnya yakni 11,50. Rata-rata pengetahuan sebelum dan setelah diberikan intervensi melalui media video tentang pemahaman nilai karakter adalah -2.922 (menunjukkan hasil hasil sebelum lebih kecil dari sesudahnya) dengan standar deviasi 2.173. Selanjutnya pada ujicoba dengan menggunakan video diperoleh rata-rata nilai -3.208 dengan standar deviasi 3.172 dengan alfa sebesar 0.001. Rata-rata penguasaan nilai karakter siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan video lebih tinggi dari media gambar yakni 3,21 dengan significant 0,718 lebih tinggi dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan ratarata yang berarti pada pengetahuan awal masing-masing kelas. Untuk menguji efektivitas penggunaan video pembelajaran dilakukan uji independent test yang berada pada posisi 0.718 yang berarti lebih besar dari 0,05. Penggunaan video pembelajaran memungkinkan penguasaan nilai-nilai karakter lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan nilai-nilai karakter yang dilakuakan dengan pemberian intervensi video pembelajaran lebih tinggi dari pada penggunaan media gambar diam. Sehubungan 0 dengan hal tersebut maka disarankan bagi guru salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam peningkatan penguasaan nilai-nilai karakter adalah dengan menggunakan media video pembelajaran yang dirancang khusus untuk aktivitas penguasaan nilai-nilai karakter bagi siswa pada anak usia dini

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 01:33
Last Modified: 31 May 2019 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item