Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas IX Semester 1 untuk Diintegrasikan dengan Materi Petir

Maryulis, Fitra (2018) Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas IX Semester 1 untuk Diintegrasikan dengan Materi Petir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Fitra_Maryulis_14033009_6147_2018.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perubahan kurikulum oleh kemajuan bidang pendidikan dari waktu ke waktu. Perubahan kurikulum juga mengakibatkan terjadinya perubahan dalam implementasi kurikulum. Salah satu sarana yang ikut berubah adalah standar kelayakan buku teks sebagai sarana dalam implementasi kurikulum. Berdasarkan penelitian sebelumnya menyatakan kesesuaian tujuan kurikulum pada buku teks belum sesuai dengan tujuan kurikulum. Dalam buku teks pelajaran yang digunakan juga harus memuat struktur kurikulum yang diperlukan seperti potensi keunggulan, kearifan lokal dan kebutuhan daerah. Salah satu bentuk kearifan lokal dan kebutuhan daerah yaitu pengetahuan atau pemahaman tentang bencana yang dapat dipahami melalui buku teks pelajaran. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana adalah IPA. Dimana, Indonesia merupakan negara tropis yang rawan akan bencana seperti ancaman petir. Mata pelajaran IPA adalah salah satu mata pelajaran yang sangat cocok diintegrasikan dengan pengetahuan tentang petir. Sebelum melakukan pengintegrasian materi petir ini ke dalam materi IPA, perlu adanya analisis kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA yang akan digunakan untuk pengintegrasian materi petir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 dan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 dengan materi petir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 dari berbagai penerbit di Indonesia. Sampel data dalam penelitian ini yaitu buku kelas IX semester 1 dari 2 penerbit yang berbeda. Data penelitian menggunakan instrumen penelitian dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 dari Buku 1 dengan kriteria sesuai (82,294 %). Sedangkan pada buku teks pelajaran dari Buku 2 dengan kriteria cukup sesuai (72 %). Kemudian tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks IPA SMP/MTs kelas IX semester 1 dengan materi petir untuk materi Sistem Reproduksi pada Manusia dengan kriteria tidak sesuai (20%), materi Reproduksi pada Hewan dan Tumbuhan dengan kriteria tidak sesuai (20%), materi Kependudukan dan Lingkungan dengan kriteria kurang sesuai (40%), materi Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup dengan kriteria cukup sesuai (46,67%), dan materi Kelistrikan dan Teknologi di Lingkungan dengan kriteria sesuai (80%). Hasil penelitian ini sebagai analisis kebutuhan dalam penelitian pengembangan buku teks yang terintegrasi petir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:27
Last Modified: 16 Apr 2019 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item