Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Panti

Arili, Neza Zakiya (2018) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Panti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Neza_Zakiya_Arili_14029048_6324_2018.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang secara optimal pada diri peserta didik adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun pada kenyataannya dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan pada peserta didik di kelas VII SMPN 2 Panti Tahun Pelajaran 2017/2018 terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning dan dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Panti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Panti Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan sampel kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal essay, yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:31
Last Modified: 12 Apr 2019 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item