PengaruhModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman

Gusnita, Linda (2018) PengaruhModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Linda_Gusnita_14029080_6172_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan hasil observasi dan ulangan harian terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Talk Write(TTW).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model konvensional serta mengetahui perkembangan aktivitas belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Desain. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas VIII.4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep yang dianalisis dengan uji t serta lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model kooperatif tipe TTWlebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model kooperatif tipe TTW juga meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar perserta didik dengan taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:30
Last Modified: 12 Apr 2019 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item