Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang

Putri, Dwi Fadillah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Dwi_Fadillah_Putri_14029071_6215_2018.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, dilihat dari hasil observasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Padang masih rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Model ini digunakan agar peserta didik dapat mengkomunikasikan gagasanya baik secara lisan maupun tulisan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Padang yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasidengan rencangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tiga tahapan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW), yaitu think (berpikir), talk (berbicara), dan write (menulis), dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:21
Last Modified: 08 Apr 2019 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item