Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Padang

Anggina, Wida (2019) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Wida_Anggina_15016136_549_2019.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media objek langsung. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 162 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model discovery learning. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi Hanpir Cukup (HC) dengan rata-rata 50,12. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 80,98. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel, yaitu 3,71>1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi di tingkat SLTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:40
Last Modified: 04 Apr 2019 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item