Bentuk Penyajian Tari Tak Oyai pada Pesta Malam Bainai di Kanagarian Painan Timur Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Syaputra, Hengky Novri (2019) Bentuk Penyajian Tari Tak Oyai pada Pesta Malam Bainai di Kanagarian Painan Timur Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Hengky_Novri_Syaputra_14023100_871_2019.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan Bentuk Penyajian tari Tak Oyai pada Pesta Malam Bainai di Kanagarian Painan Timur Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dam kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah mendeskripsikan unsur-unsur tari yang terdapat dalam tari Tak Oyai, selanjutnya mendeskripsikan urutan acara tari Tak Oyai yang terdapat dalam pesta Malam Bainai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Tak Oyai merupakan salah satu tari tradisional yang berada di Kanagarian Painan Timur Kabupaten Pesisir Selatan. Tari Tak Oyai terdiri dari 6 ragam gerak dan boleh ditarikan oleh penari laki-laki maupun perempuan dengan jumlah yang genap. Tari Tak Oyai menggunakan musik internal, yaitu musik dendang yang dinyanyikan oleh seniman yang bernama Amlis yang merupakan pewaris dari Tak Oyai, dan dalam tari ini menggunakan adok yang digunakan sebagai simbol untuk mengungkapkan rasa kegembiraannya dalam beraktivitas. Bentuk penyajian tari Tak Oyai pada pesta Malam Bainai di awali dengan pembacaan ayat Suci Al-Qur’an, kemudian penjemputan anak daro, dilanjutkan dengan permintaan maaf kepada kedua orang tua, dilanjutkan dengan penampilan tari Tak Oyai, dan yang terakhir dilakukan adalah pemasangan inai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Mar 2019 00:21
Last Modified: 29 Mar 2019 00:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item