Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Tari di Kelas VIII.5 SMPN 25 Padang.

Oktaviani, Yuni (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Tari di Kelas VIII.5 SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Yuni_Oktaviani_14023149_900_2019.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tari di kelas VIII 5 SMPN 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan dan tes keterampilan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes pengetahuan, tes keterampilan dan observasi. Data ketuntasan siswa dianalisis dengan menggunakan kriteri ketuntasan individu dan kelompok dengan kriteria ketuntasan minimum 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran koopertif pada pembelajaran tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat nilai rata-rata siswa 64,5 dengan jumlah ketuntasan 14 orang siswa (43.75%) dari 32 siswa, dan yang tidak tuntas sebanyak 18 orang siswa (56.25%) atau dibawah KKM (70). Untuk siklus II hasil belajar nilai rata-rata siswa yaitu 79 dengan persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas 70 meningkat menjadi 27 orang siswa (84.38%). dan siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 menurun menjadi 5 orang siswa (15.62%). Dengan demikian pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar tari di kelas VIII.5 SMPN 25 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:27
Last Modified: 27 Mar 2019 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item