Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman

Putri, Diana (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Diana_Putri_15016142_432_2019.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Kedua, mendeksripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 184 siswa yang tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 25% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi dan tes objektif keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi baik (80,33). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi baik (80,95). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman dengan derajat kebebasan n-2 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,64 > 1,68 , dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi memiliki hubungan terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Hipotesis kerja (H1) yang berbunyi “Terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman” diterima. Ini berarti bahwa makin baik keterampilan membaca pemahaman siswa, maka makin baik pula keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:55
Last Modified: 19 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21375

Actions (login required)

View Item View Item