Utami, Sari Puspa (2019) Hubungan Antara Persepsi Siswa dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_Sari_Puspa_Utami_14023128_837_2019.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara persepsi siswa dengan hasil belajar seni budaya di SMP Negeri 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi (hubungan). Penelitian korelasional dimaksudkan untuk meneliti ada tidaknya hubungan persepsi siswa dengan hasil belajar seni budaya pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Padang yang berjumlah 204 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah 67 orang siswa dari seluruh siswa kelas IX diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa angket penelitian dan hasil belajar siswa pada semester ganjil (1) tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara persepsi siswa dengan hasil belajar. Dengan nilai Hasil uji korelasi yang diperoleh untuk variabel X(persepsi siswa) dengan variabel Y (hasil belajar) adalah 0,7954 sedangkan rtabel adalah 0,2404, sehingga rhitung>rtabel. Makadapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan dikatakan positif dan signifikan dan dapat dilanjutkan dengan uji signifikan. Uji signifikan dicari dengan menggunakan uji t. sehingga variabel diperoleh hasil thitung=10,579 dan ttabel=1,996 (thitung>ttabel) untuk X (persepsi siswa) terhadap Y (Hasil belajar). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:54 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:54 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21372 |
Actions (login required)
View Item |