Perkembangan Tari Tanduak Tradisi ke Tari Tanduak Kreasi pada Sanggar Puti Junjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung

Rahmanda, Feby Try (2019) Perkembangan Tari Tanduak Tradisi ke Tari Tanduak Kreasi pada Sanggar Puti Junjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Feby_Try_Rahmanda_14023004_954_2019.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan, mendeskripsikan dan menganalisis tentang Perkembangan Tari Tanduak Tradisi ke Tari Tanduak Kreasi pada Sanggar Puti Junjung Kenagarian Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah kesenian Tari Tanduak dari Nagari Latang Kecamatan Lubuak Tarok Kabupaten Sijunjung. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dilakuan dengan cara kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpul di analisis dengan teknik interprestasi sehingga dapat diperoleh kebenaranya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tari Tanduak tradisi sudah mengalami perkembangan menjadi tari Tanduak yang sudah di kreasikan yang dapat dilihat melalui pengolahan gerak, busana, musik, konfigurasi, waktu dan tempat pertunjukan serta aspek penari yang di kemas dalam bentuk baru.jadi proses perkembangan tari Tanduak di Nagari Sijunjung di dukung karena adanya pembinaan dan pelatihan oleh Sanggar Puti Junjung yang menjadi wadah untuk generasi muda dan mudi dalam upaya mempertahankan warisan budaya dan menjadi identitas nagari setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:40
Last Modified: 18 Mar 2019 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21354

Actions (login required)

View Item View Item