Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tapan

Utami, Mimi Putri (2019) Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Mimi_Putri_Utami_14016084_430_2019.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan sebelum menggunakan teknik pemodelan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasieksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 125 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan standar deviasi dari empat kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks prosedur kompleks. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini adatiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan sebelum menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,02. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan sesudah menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,57. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (7,10>1,70). Dengan kata lain, teknik pemodelan berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tapan. Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur kompleks terlihatpenggunaan teknik pemodelandapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XISMK Negeri 1 Tapan Pesisir Selatan. Oleh karena itu, disimpulkan penggunaan teknik pemodelanmemberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelasXIXISMK Negeri 1 Tapan Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2019 00:59
Last Modified: 18 Mar 2019 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item View Item