Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari oleh Guru Kelas VII.10 di SMP Negeri 2 Kota Solok

Adila, Meisa (2019) Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari oleh Guru Kelas VII.10 di SMP Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Meisa_Adila_14023113_947_2019.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VII.10 di SMP Negeri 2 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri. Jenis data menggunakan data primer dandata sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan berpedoman pada kerangka konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni budaya (tari) berjalan baik dan siswa memberikan respon positif selama kegiatan pembelajaran. Pada pertemuan pertama masih banyak siswa yang ribut, tidak bersemangat dalam bergerak, dan tidak percaya diri dalam melakukan gerak. Pada pertemuan kedua sudah bertambah siswa yang mengajukan pendapat. Pada pertemuan ketiga terlihat peningkatan aktivitas siswa yaitu siswa yang berani mengajukan pendapat dan bertanya. Aktivitas siswa pada pertemuan keempat dan kelima sudah terlihat sangat baik. Yang mana hampir seluruh siswa serius dan bersemangat dalam belajar baik teori maupun praktek tari. Maka dapat disimpulkan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni budaya (tari) sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2019 00:59
Last Modified: 18 Mar 2019 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item