Tinjauan Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Pratama, Aldio Wakren (2017) Tinjauan Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ALDIO_WAKEN_PRATAMA_1100160_3930_2017.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kesegaran jasmani dan status gizi siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani dan status gizi siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 142 orang. Teknik penarikan sampel dengan purposive sampling, maka sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V yang berjumlah 44 orang siswa. Untuk mendapatkan data tingkat kesegaran jasmani digunakan tes TKJI umur 10-12 tahun, yang terdiri dari 1) Lari 40 meter, 2) Tes gantung siku tekuk, 3) Baring duduk 30 detik (sit up), 4) Loncat tegak, 5) Lari 600 meter. dan untuk mendapatkan data status gizi dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) Tingkat Kesegaran Jasmani siswa putra Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan termasuk kategori kurang, 2) Tingkat kesegaran jasmani siswa putri Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan termasuk katergori kurang, 3) Status gizi siswa putra Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan termasuk kategori baik, 4) Status gizi siswa putri Sekolah Dasar Negeri 15 Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:42
Last Modified: 09 Jan 2019 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20221

Actions (login required)

View Item View Item