Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Sekolah Sepakbola Rimbo Panjang dan Sekitarnya (RIPAN’S) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Saputra, Aidil Marwanto (2017) Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Sekolah Sepakbola Rimbo Panjang dan Sekitarnya (RIPAN’S) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AIDIL_MARWANTO_SAPUTRA_1303121_1349_2017.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan terhadap pemain Sekolah Sepakbola Rimbo Panjang dan Sekitarnya (SSB RIPAN’S) kecamatan Koto Tangah Kota Padang ketika melakukan pertandingan pada ajang kejuaraan antar SSB Se Kota Padang, masih banyak pemain yang sudah kehabisan stamina sebelum pertandingan selesai, kesulitan mencetak gol karena sulitnya mencari celah dan membongkar pertahanan lawan, sering kalah dalam kontak tubuh, dan tendangan yang lemah dan tidak terarah. Hal-hal ini mungkin disebabkan oleh lemahnya kondisi fisik pemain Sekolah Sepakbola Rimbo Panjang dan Sekitarnya (SSB RIPAN’S) kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berhubungan dengan daya tahan, keseimbangan, kekuatan, kelincahan, kelentukan, koordinasi, dan kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kondisi fisik pemain SSB RIPAN’S Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berhubungan dengan kelincahan, kelentukan, kecepatan dan daya tahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain SSB RIPAN’S Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berjumlah 33 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh pemain SSB RIPAN’S Kecamatan Koto Tangah Kota Padang sebanyak 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan sepakbola PS Tanjuang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Analisis data dilakukan dengan mengggunakan analisis persentase. Diperoleh analisis data kelincahan paling banyak berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 21 orang (64%), analisis data kelentukan paling banyak berada pada kategori Bagus sebanyak 18 orang (55%), analisis data kecepatan paling banyak di kategori Sedang sebanyak 13 orang (40%), dan analisis data daya tahan paling banyak berada pada kategori Sedang sebanyak 28 orang (85%). Tinjauan kondisi fisik yang dominan dimiliki pemain sekolah sepakbola Rimbo Panjang dan Sekitarnya (SSB Ripan’s) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:42
Last Modified: 09 Jan 2019 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20215

Actions (login required)

View Item View Item