Keterbacaan dari teks bacaan pada buku teks “LookAhead: An English Course” for Senior High School Students Year XII yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga

Miftaahurrahmi, Miftaahurrahmi (2017) Keterbacaan dari teks bacaan pada buku teks “LookAhead: An English Course” for Senior High School Students Year XII yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MIFTAAHURRAHMI_1200995_1548_2017.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasar pada fakta bahwa buku teks “Look Ahead: An English Course” for Senior High School Students Year XII yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga masih digunakan oleh sebagian besar sekolah menengah atas di Sumatera Barat sejak pertama kali terbit pada 2006 sampai saat ini dan keterbacaan teks bacaannya belum pernah dianalisis sebelumnya. Jadi penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterbacaan dari teks bacaan pada buku teks “Look Ahead: An English Course” for Senior High School Students Year XII yangditerbitkan oleh Penerbit Erlangga. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah buku teks “Look Ahead: An English Course” for Senior High School Students Year XII yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga. Datanya diperoleh dari analisis keterbacaan teks menggunakan rumus keterbacaan. Rumus yang digunakan adalah Rumus Keterbacaan Flesch. Instrumen yang digunakan adalah format analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teks bacaan pada buku teks “Look Ahead: An English Course” for Senior High School Students Year XII adalah tidak berada pada tingkat kesulitan yang tepat dan tidak sesuai dengan tingkat siswa sekolah menengah atas kelas XII. Dari 10 teks yang dianalisis, hanya satu teks yang cocok untuk siswa sekolah menengah atas kelas XII, yaitu teks berjudul Tsunami dengan tingkat keterbacaan 50,3. Jadi, buku teks “Look Ahead: An English Course” for Senior High School Students Year XII yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga tidak layak lagi digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa sekolah menengah atas kelas XII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:30
Last Modified: 28 Nov 2018 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19816

Actions (login required)

View Item View Item