Prastio, Toto (2017) Korelasi Keterampilan Memahami Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_TOTO_PRASTIO_1300783_4428_2017.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif melalui desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 200 orang dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata (63,69). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata (72,08). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 0,95 karena thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 2,36 > 1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 03:26 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 03:26 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19718 |
Actions (login required)
View Item |