Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Naskah Drama dengan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Elfiza, Mira (2017) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Naskah Drama dengan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MIRA_ELFIZA_1205155_4457_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan membaca pemahaman naskah drama dengan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman naskah drama sebagai variabel X dan keterampilan menulis naskah drama sebagai variabel Y. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang dan skor hasil tes keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 80,65. Kedua, keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan ratarata hitung 81,67. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2karena thitung > ttabel (6,54 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman naskah drama dengan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang karena thitung > ttabel (6,54 > 1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman naskah drama dengan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:34
Last Modified: 22 Nov 2018 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19693

Actions (login required)

View Item View Item