Mayora, Mayora (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Nusantara, Melati (2017) Mayora, Mayora (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MELATI_NUSANTARA_1300827_1807_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum dan sesudah penerapan teknik CTM dan menganalisis pengaruh teknik CTM terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 12 Padang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan teknik CTM siswa kelas VII.5 SMP Negeri 12 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan teknik CTM siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakanteknik CTM. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan teknik CTM siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 58,50. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan teknik CTM siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,19. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1) karena thitung > ttabel, yaitu 10,71>1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sesudah menggunakan teknik CTM lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik CTM. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarlan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 10,71>1,70. Dengan kata lain, teknik CTM berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIISMP Negeri 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:20
Last Modified: 22 Nov 2018 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19688

Actions (login required)

View Item View Item