Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Padang

Yasien, M. Rafki (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_M._RAFKI_YASIEN_1300837_1500_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang sesudah penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 SMP Negeri 14 Padang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 54,14. Kedua, keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 82,65. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel, yaitu 8,70>1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarlan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 8,70>1,70. Dengan kata lain, pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19684

Actions (login required)

View Item View Item