Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi SiswaKelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan

Gunawan, Indra (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi SiswaKelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_INDRA_GUNAWAN_14616_5072_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan. Ketiga, menjelaskan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif melalui desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 125 orang dan tersebar dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (77,86). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (83,33). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 0,95, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,25>1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Gasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19676

Actions (login required)

View Item View Item