Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Bukittinggi

Afriani, Finda (2017) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FINDA_AFRIANI_1300768_1941_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) tingkat ketercapaian membuat perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 4 Bukittinggi, (2) tingkat ketercapaian pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam implemenatasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 4 Bukittinggi, (3) mendeskripsikan tingkat ketercapaian penilaian pembelajaran bahasa Indonesia dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 4 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi implementasi Kurikulum 2013 dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Teknik yang digunakan yatiu, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu, identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal sebagai berikut. (1) Secara keseluruhan aspek perencanaan pembelajaran sudah dibuat dengan baik oleh guru bahasa Indonesia SMP Negeri kota Bukittinggi sesuai dengan Kurikulum 2013 dengan kategori baik. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Bukittinggi merancang RPP dengan persentase 72,73%. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Bukittinggi merancang RPP dengan persentase 72,73%. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Bukittinggi merancang RPP dengan persentase 69,32%. (2) Secara keseluruhan aspek pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru bahasa Indonesia SMP Negeri Kota Bukittinggi yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Bukittinggi melaksanakan pembelajaran dengan persentase 74,17%. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan pembelajaran dengan persentase 75%. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Bukittinggi melaksanakan pembelajaran dengan persentase 72,5%. (3) Secara keseluruhan aspek penilaian pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru bahasa Indonesia SMP Negeri Kota Bukittinggi yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dengan kategori baik. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Bukittinggi melasanakan penilaian autentik dengan persentase 74,17%. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan penilaian autentik dengan persentase 75%. Guru bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Bukittinggi melaksanakan penilaian autentik dengan persentase 72,5%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19670

Actions (login required)

View Item View Item