Wulandari, Eni Fatma (2017) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_ENI_FATMA_WULANDARI_1100884_4084_2017.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebagai variabel X dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel Y. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 78,03. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 79,12. Ketiga, berdasarkan hasil ujit, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel (8,81 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung > ttabel (8,81 > 1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk menulis teks eksposisi siswa diperlukan keterampilan membaca pemahaman tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 02:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 02:18 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19664 |
Actions (login required)
View Item |