Pengaruh Penggunaan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas

Mandasari, Dona Gusnarida (2017) Pengaruh Penggunaan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DONA_GUSNARIDA_MANDASARI_1200861_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis berita tanpa menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual sebagai variabel pertama (X1) dan keterampilan menulis berita dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual sebagai variabel kedua (X2). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita tanpa dan dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis berita tanpa dan dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis berita tanpa menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,37. Kedua, keterampilan menulis berita dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas berada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,63. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel (12,27>1,67). Dari hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis berita dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Kapas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:52
Last Modified: 21 Nov 2018 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item