Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Ekposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang

Putri, Cici Sriana (2017) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Ekposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CICI_SRIANA_PUTRI_1300831_1244_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut: (1) menganalisis tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. (2) menganalisis tingkat keterampilan karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. (3) menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan satu kelompok pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 173 orang yang terdiri atas lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Padang yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Data penelitian ini adalah skor dan nilai tes awal (pretest)dan tes akhir (posttest)menulis karangan eksposisisebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 59,28. Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 87,99. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% karena tt < thitung (1,70<10,44). Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang sesudah menggunakan model discovery learning lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning. Penggunaan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Dengan kata lain, model discovery learning dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item View Item