Pengaruh model PBL berbantuanmind mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang

Sari, Binti Daryan (2017) Pengaruh model PBL berbantuanmind mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_BINTI_DARYAN_SARI_1300822_1084_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model PBL berbantuan mind mapping terhadap tingkat keterampilan menulis teks cerita ulang biografi di kelas XI SMA Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangdengan jumlah 326 orang yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 9 SMA Negeri 1 Padang yang berjumlah 33 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita ulang biografi sebelum menggunakan model PBL berbantuan mind mapping , dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan mind mapping . Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita ulang biografi dengan dan tanpa menggunakan model PBL berbantuan mind mapping . Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita ulang biografi tanpa menggunakan model PBL berbantuan mind mapping , siswa kelas XI SMAN 1 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai ratarata 68,26. Kedua, keterampilan menulis teks cerita ulang biografi dengan menggunakan model PBL berbantuan mind mapping , siswa kelas XI SMAN 1 Padang berada pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata 86,36. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh thitung > ttabel (9,53 > 1,70). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL berbantuan mind mapping , terhadap keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI SMAN 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian itu disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI SMAN 1 Padang sesudah menggunakan model PBL berbantuan mind mapping lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model PBL berbantuan mind mapping . Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa sesudah menggunakan model PBL berbantuan mind mapping berada di atas KKM, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa sebelum menggunakan model PBL berbantuan mind mapping berada di bawah KKM. Sementara itu, KKM yang ditetapkan oleh SMA Negeri 1 Padang adalah 80.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19654

Actions (login required)

View Item View Item