Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia MTSN Durian Tarung Kota Padang

Basar, Basar (2016) Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia MTSN Durian Tarung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_BASAR_03735_085_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur direktif; (2) strategi bertutur tindak tutur direktif; (3) konteks penggunaan st bertutur dalam tindak tutur direktif yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia dalam PBM di MTSN Durian Tarung Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif berupa kata-kata lisan dari orang yang diamati. Subjek tindak tutur penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di MTSN Durian Tarung Kota Padang. Data dikumpulkan dengan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Data dianalisis dengan mentranskripsikan, menginventarisasikan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, menganalisis, dan membuat kesimpulan jenis, strategi bertutur, dan konteks penggunaan strategi bertutur dalam tindak tutur direktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, jenis tindak tutur direktif adalah (a) menyuruh, (b) memohon, (c) menuntut, (d) menyarankan, dan (e) menantang. Kedua, strategi tindak tutur direktif adalah (a) bertutur dengan basa-basi kesantunan positif, (b) bertutur dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (c) bertutur secara samar-samar. Ketiga, konteks penggunaan strategi bertutur dalam tindak tutur direktif adalah (a) strategi bertutur langsung tanpa basa-basi cenderung untuk bertutur kepada orang yang lebih tua (+K), lebih akrab (+S), dan ditempat umum (+P); (b) strategi bertutur langsung tanpa basa-basi cenderung untuk bertutur kepada orang yang lebih tua (+K), belum akrab (S), dan ditempat umum (+P); (c) strategi bertutur langsung tanpa basa-basi cenderung untuk bertutur kepada orang yang sama besar (=K), lebih akrab (+S), dan ditempat umum (+P); (d) strategi bertutur langsung tanpa basa-basi cenderung untuk bertutur kepada orang yang sama besar (=K), belum akrab (-S), dan ditempat umum (+P); dan (e) strategi bertutur langsung tanpa basa-basi cenderung untuk bertutur kepada orang yang lebih kecil (-K), lebih akrab (+S), dan ditempat umum (+P).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19653

Actions (login required)

View Item View Item