Penerapan Metode Solfegio pada Pembelajaran Bermain Musik Iringan Tari di SMA Negeri 1 Padang

Ramadhan, Handika Rizki (2018) Penerapan Metode Solfegio pada Pembelajaran Bermain Musik Iringan Tari di SMA Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HANDIKA_RIZKI_RAMADHAN_14023098_3642_2018.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode solfegio sebagai penunjang tingkat keberhasilan siswa dalam bermain musik iringan tari dalam mata pelajaran seni budaya serta keterkaitan dengan pembelajaran bermain musik iringan tari pada siswa. Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan objek penelitian siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Padang. Tehknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode solfegio pada pembelajaran bermain musik iringan tari pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Padang memiliki dampak tingkat keberhasilan yang tinggi. Penerapan metode solfegio membuat siswa mengalami perkembangan kemampuan serta mempermudah siswa dalam membuat musik iringan tari. Dari 30 siswa di dalam kelas, 18 siswa berhasil mendapatkan dan mengiringi pembelajaran dengan baik serta maraih hasil belajar diatas rata-rata standar nilai dalam pembelajaran seni budaya, 7 orang siswa meraih nilai standar kelulusan, dan 5 orang lainnya dibawa nilai standar kelulusan. Hal ini menunjukkan sebanyak 83,3% dari total keseluruhan siswa mempunyai tingkat ketrampilan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:18
Last Modified: 14 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19536

Actions (login required)

View Item View Item