Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pariaman

Syafrizal, Pratiwi (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_PRATIWI_SYAFRIZAL_1200852_4053_2016.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca apresiatif puisi siswa dan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca apresiatif puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Ketiga, menganalisis hubungan antara kemampuan membaca apresiatif dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 307 orang dan tersebar dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca apresiatif puisi sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca apresiatif puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup ( LDC) dengan nilai rata-rata (70,38), sedangkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pariaman juga berada pada kualifikasi lebih dari cukup ( LDC) dengan nilai ratarata (72,32). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan n-1 karena thitung>ttabel, yaitu 5,18 > 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19469

Actions (login required)

View Item View Item