Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi

Hasanah, Nur (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NUR_HASANAH_1205170_4072_2016.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan disebabkan masih kurangnya kosakata yang dikuasai oleh siswa. Kedua, siswa belum mampu menuliskan secara lengkap struktur teks eksposisi, yaitu tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Ketiga, siswa kurang memperhatikan unsur kebahasaan teks eksposisi yaitu pronomina, konjungsi, dan kata leksikal. Keempat, siswa kurang memperhatikan EBI dalam menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi sebelum menggunakan model problem based learning (PBL). Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi sesudah menggunakan model problem based learning (PBL). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan menulis teks ekspsosisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keterampilan menulis teks eksposisi dan model problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan pretest dan postest Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/1016 dengan jumlah 218 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.5 dengan jumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model problem based learning (PBL) siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 54,34. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi sesudah menggunakan model problem based learning (PBL) berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 68,92. Ketiga,keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunaan model problem based learning (PBL) lebih tinggi daripada sebelum menggunakan model problem based learning (PBL) siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi, namun belum mencapai KKM. Dengan kata lain, model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19468

Actions (login required)

View Item View Item