Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang.

Nestasia, Ayu (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AYU_NESTASIA_1200847_4255_2016.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok dikatakan juga sebagai desain tanpa dan dengan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 191 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 24 orang kelas eksperimen dan 23 orang kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Uji prasyarat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan menyeleksi tulisan siswa, memberi skor, mengubah skor menjadi nilai, mengklasifikasikan hasil tes, mendeskripsikan data dengan membuat diagram batang, melakukan uji normalitas dan homogenitas, menguji hipotesis, dan membahas hasil analisis dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 67,15. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 84,95. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2) – 2 karena thitung > ttabel (4,70 > 1,68). Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:05
Last Modified: 09 Nov 2018 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item