Strategi Pelatih Randai dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs N Pitalah

Rahmi, Hilda (2016) Strategi Pelatih Randai dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs N Pitalah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_HILDA_RAHMI_1103493_2120_2016.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pelatih randai dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di MTs N Pitalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang penulis gunakan adalah deskriptif analisis. Objek penelitian adalah pelatih randai di MTs N Pitalah yang mempunyai strategi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler randai. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi pelatih randai di MTs N Pitalah sudah terlaksana dengan cukup baik. Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan pelatih dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler randai adalah bentuk satu kelompok dengan membagi siswa pada bidangnya masing-masing sesuai dengan kemampuan dan keterampilan siswa tersebut seperti tokoh, dendang, legaran dan musik. Setelah siswa kompak dengan masing-masing kemampuan dan keterampilan tersebut barulah siswa digabung dalam bentuk sebuah grup randai. Strategi yang digunakan pelatih dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah metode ceramah, demostrasi dan tutor sebaya, yang mana pada pertemuan pertama pelatih terlebih dahulu menerangkan atau menjelaskan apa itu randai, bagaimana tata memakai galembong dan apa naskah yang akan dibawakan. Metode yang lebih banyak dilakukan pelatih adalah demostrasi yang mana pelatih mempraktekan secara langsung bagaimana gerak-gerak silat atau gerak legaran itu dan siswa juga langsung memperhatikan dan mempraktekkan gerak tersebut, metode ini dilakukan pada pertemuan 2 sampai pertemuan 6. Metode yang terakhir yaitu tutor sebaya, pada pertemuan 7 sampai pertemuan 9 siswa disuruh latihan mandiri tanpa bantuan pelatih dan salah seorang dari kelompok ditunjuk menjadi ketua untuk memimpin anggota kelompok dalam pelaksanaan kegiatan randai. Dengan menggunakan metode ini dapat dicapai hasil yang memuaskan yaitu tercapainya penampilan yang bagus dan menghibur penonnton serta siswa juga paham terhadap nilai-nilai apa yang terkandung dalam randai dan juga dapat meningkatkan minat siswa dalam bermain randai. Pelaksanaan kegiatan randai di MTs N Pitalah juga telah menjadi contoh dari sekolah-sekolah lain untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:02
Last Modified: 09 Nov 2018 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item