Penggunaan Solfegio melalui Metode Drill dalam Pembelajaran Bernyanyi Unisono di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Solok

Simanjuntak, Christine Natalia (2015) Penggunaan Solfegio melalui Metode Drill dalam Pembelajaran Bernyanyi Unisono di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_CHRISTINE_NATALIA_SIMANJUNTAK_1101133_134_2016.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan solfegio melalui metode drill dalam pembelajaran bernyanyi unisono di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok semester 1 tahun pelajaran 2015 – 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dengan observasi partisipasi ,studi pustaka, wawancara dan dokumentasi baik berupa foto-foto maupun dokumen tertulis dari sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran bernyanyi unisono di SMP dibutuhkan penggunaan solfegio yang sesuai dengan standart kompetensi kurikulum 2013, (2) Penggunaan metode solfegio dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Solok. Kesimpulan dan saran dari penelitian adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran bernyanyi unisono dengan penggunaan solfegio melalui metode drill sangat tepat, karena membantu meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa. Saran yang diberikan setelah penelitian ini selesai adalah agar latihan solfegio dapat terus diterapkan dalam pembelajaran bernyanyi dan guru Seni Budaya mengajarkan setiap lagu baru dengan notasinya bukan hanya menyanyikan syairnya saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:51
Last Modified: 07 Nov 2018 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item