Pelestarian Tari Antan Bagonto di Jorong Kampung Surau Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Sri, Wahyuni (2015) Pelestarian Tari Antan Bagonto di Jorong Kampung Surau Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ASRI_WAHYUNI_5210_2015.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan Upaya Pelestarian Tari Antan Bagonto di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data secara keseluruhan, mengklasifikasikan data dan pendeskripsian selanjutnya dituangkan kedalam sebuah tulisan ilmiah dalam bentuk skripsi yang kebenarannya dapat di pertanggungjawabkan. Hasil penelitian menunjukan pelestarian yang dilakukan pada tari Antan Bagonto di Jorong Kampung Surau adalah dengan memberikan perlindungan oleh peneliti dan tuo tari dengan melakukan pengembangan dari aspek kuantitas jumlah pelaku dan dari aspek kualitas pengolahan dan memperbaharui wajah tari Antan Bagonto. Setelah melakukan pelatihan terjadi pengembangan dari aspek kuantitas jumlah pelaku tari Antan Bagonto dari 3 orang menjadi 8 orang sedangkan aspek kualitas dengan menambah gerak, properti dan kostum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:49
Last Modified: 25 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item View Item