Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Project Based Learning dengan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok

Riantini, Susi (2016) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Project Based Learning dengan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_SUSI_RIANTINI_5087_2015.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perbedaan hasil belajar Seni Rupa siswa kelas X SMA Negeri 2 kota Solok yang menggunakan metode Project Based Learning dengan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menggunakan metode Project Based Learning dengan metode konvensional dalam pembelajaran Seni Rupa siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi-experiment), dengan rancangan penelitian PretestPostest Control Group Desaign, pemilihan sampel menggunakan teknik acak (random sampling) pada siswa kelas X SMAN 2 Kota Solok. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasil belajar, tes yang digunakan perlu dilihat terlebih dahulu indeks kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahap pengolahan deskriptif, tahap pengolahan analisis induktif yang terdiri dari; uji normalitas dan uji homogenitas, serta tahap pengujian hipotesis yaitu uji beda menggunakan (Paired Sampel t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar menggunakan metode Project Based Learning dengan metode konvensional dalam pembelajaran seni rupa siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan bahwa nilai thitung = 18.369 dan ttabel = 2.040. Hal ini berarti t hitung > t tabel, dan rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 86.70 sedangkan kelas kontrol yaitu 79.23, maka hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya rata-rata (mean) nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik atau berbeda. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan metode Project Based Learning dengan metode konvensional dalam pembelajaran Seni Rupa siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:50
Last Modified: 06 Nov 2018 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item