Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan di Kelas VIIIC SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Prasetyo, Harry (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan di Kelas VIIIC SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_HARRY_PRASETYO_1202821_3174_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan di kelas VIIIC SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan di kelas VIIIC SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Class room action research). Metode dan alat pengumpul data pada penelitian ini adalah format observasi kreativitas siswa, angket kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I didapatkan 57,34% dengan kriteria kurang, setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas siswa menjadi 71,92% dengan kriteria sedang, selanjutnya siklus III kreativitas siswa meningkat signifikan menjadi 84,77% dengan kriteria tinggi, berdasarkan persentase tersebut maka kreativitas siswa yang mulanya rendah sudah terjadi peningkatan dan begitu juga hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan hasil belajar keterampilan yang signifikan, hal ini dapat terlihat dari rata-rata pra siklus 70,29 menjadi 78,63 pada siklus I, kemampuan siswa terus menunjukan peningkatan pada siklus II dengan rata –rata 80,66 dan meningkat pada siklus III dengan rata-rata 81,33. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar keterampilan di kelas VIIIC di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:48
Last Modified: 06 Nov 2018 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item