The Level of Self-Directed Learning Readiness of 2013 Academic Year’s Student at English Department of the State University of Padang”

Hardianti, Yuri (2016) The Level of Self-Directed Learning Readiness of 2013 Academic Year’s Student at English Department of the State University of Padang”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_YURI_HARDIANTI_1105996_4095_2016.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang tingkat kemampuan belajar mandiri mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan bahasa Inggris tahun akademik 2013. Subjek penelitian dipilih dengan metode random sampling. Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan belajar mandiri mahasiswa mempengaruhi cara belajar bahasa Inggris mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan belajar mandiri mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa mempunyai tingkat kemampuan belajar mandiri yang rendah di dalam belajar bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan interview berupa semi-structured interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan belajar mandiri yang berada di bawah rata-rata dalam belajar bahasa Inggris dengan skor rata-rata 189.68. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada 16 orang mahasiswa yang mempunyai tingkat kemampuan belajar mandiri yang berada di bawah rata-rata, faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat kemampuan belajar mandiri terdiri atas faktor konsep diri sebagai pelajar yang efektif dan mandiri, faktor kreatifitas dan faktor inisiatif dalam belajar. Berdasarkan hal diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa bahasa Inggris UNP memiliki tingkat kemampuan belajar mandiri yang rendah. Sedangkan faktor konsep diri sebagai pelajar yang efektif dan mandiri, faktor kreatifitas dan faktor inisiatif dalam belajar adalah penyebab rendahnya tingkat kemampuan belajar mandiri mahasiswa bahasa Inggris UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:40
Last Modified: 19 Oct 2018 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18770

Actions (login required)

View Item View Item