The Effect of Australasian Parliamentary Debate Toward Senior High School Students` Elabolaration and Support Skills in Argumentative Writing at SMAN 1 Lubuk Alung

Yuliusman, Syafriko (2015) The Effect of Australasian Parliamentary Debate Toward Senior High School Students` Elabolaration and Support Skills in Argumentative Writing at SMAN 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_SYAFRIKO_YULIUSMAN_17368_5570_2015.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Australasian Parliamentary debate dalam pengajaran menulis argumentative text memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan elaborasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Untuk menjawab pertanyaan itu, dilakukan eksperimen pada dua kelas yang mempunyai kemampuan seimbang. Desain penelitian ini menggunakan pretest and posttest design karena penelitian ini hanya melihat apakah ada pengaruh perlakuan pada kelas eksperimen terhadap hasil menulis siswa dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk alung, kelas XI MIA 5 yang berjumlah 33 siswa merupakan kelas eksperimen dan XI MIA 1 yang berjumlah 33 siswa merupakan kelas kontrol. Sebelum diberikan eksperimen kedua kelas diberikan pretest untuk membuktikan kedua kelas normal dan homogeny untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dihasilkan kelas tidak jauh berbeda yaitu 56.1 : 55.5. Berdasarkan analisa statistik (t-tes) menggunakan software MINITAB, maka diperoleh nilai the t-value (0.35) lebih besar dari t-table (1.68). Hasil tersebut menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pada kedua kelompok. Selanjutnya, siswa diberikan tes akhir berbentuk esai dengan topik dan waktu yang sama. Hasilnya dijadikan sebagai data yang akan digunakan untuk melihat perbandingan hasil kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dihasilkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 71 : 68.1. Berdasarkan analisa statistik (t-tes) menggunakan software MINITAB, maka diperoleh nilai the t-value (2.27) lebih besar dari t-table (1.68). Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai pada kedua kelompok yang cukup signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa Australasian Parliamentary debate memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil menulis siswa dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:40
Last Modified: 19 Oct 2018 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18758

Actions (login required)

View Item View Item