Hubungan Keterampilan Membaca Kritis Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman

Ferasilvia, Ferasilvia (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Kritis Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FERASILVIA_3782_2015.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca kritis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman, tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman, dan hasil analisis hubungan keterampilan membaca kritis teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi. Teori yang digunakan yaitu (1) hakikat membaca kritis, (2) tujuan dan manfaat membaca kritis, (3) langkah membaca kritis, (4) teknik membaca kritis, (5) aspek-aspek membaca kritis, (6) hakikat menulis teks eksposisi, (7) struktur teks eksposisi, (8) fungsi teks eksposisi, dan (9) unsur kebahasaan teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, serta menggunakan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2014/2015, sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Data penelitian ini adalah skor keterampilan membaca kritis teks eksposisi yang diperoleh dari tes objektif dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang diperoleh dari tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca kritis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata (75,54). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (82,53). Ketiga,terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca kritis teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Hubungan tersebut terlihat dari uji-t, thitung>ttabel yaitu 4,59 > 1,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:24
Last Modified: 17 Oct 2018 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18590

Actions (login required)

View Item View Item