The Use of Storybird as an Alternative Media in the Teaching and Learning Process of a Narrative Text at Senior High School

Rahayu, Annisa (2016) The Use of Storybird as an Alternative Media in the Teaching and Learning Process of a Narrative Text at Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ANNISA_RAHAYU_1105991_2869_2016.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang penggunaan Storybird sebagai salah satu media pengajaran dalam menulis sebuah narrative text yang difokuskan pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Storybird adalah sebuah media yang menyediakan tempat untuk siswa menulis, membaca, memberikan serta mendapatkan komentar dari teman ataupun guru, dan mempublikasikan hasil karya tulis. Dengan menggunakan media Storybird, siswa dapat meningkatkan motivasi serta kreatifitas dalam menulis, menceritakan kejadian atau peristiwa dengan jelas, dan mengasah kemampuan berfikir kritis melalui proses menulis. Langkah-langkah dalam penggunaan media Storybird dalam menulis meliputi; (1) guru mempersiapkan materi, media dan kelas yang diperlukan dalam proses pengajaran narrative text; (2) guru mengarahkan siswa ke materi narrative text dengan menampilkan video berisi contoh teks, (3) guru mengarahkan siswa bertanya; (4) guru menjelaskan Storybird beserta fungsinya; (5) guru menampilkan teks beserta susunan/kerangka teks narratif; (6) guru menjelaskan segala yang berkaitan dengan teks narratif; (7) guru bersama siswa mendiskusikan questions guideline; (8) siswa mencocokan kata dengan artinya dalam group; (9) siswa menjawab pertanyaan berpasangan; (10) siswa mengisi questions guideline mereka sendiri; (11) siswa menulis dalam Storybird; (12) siswa menyimpan karya tulisnya dan mengomentari karya temannya; (13) siswa mengedit dan memperbaiki tulisannya; (14) siswa mempublikasikan hasil akhir tulisannya. Dengan menggunakan media Storybird, siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk menulis serta mengembangkan pemikiran yang kritis. Oleh karena itu, Storybird dapat menjadi salah satu media yang tepat untuk membantu siswa SMA menulis sebuah narrative text dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:22
Last Modified: 17 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18564

Actions (login required)

View Item View Item