Hubungan Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Bukittinggi

Yaldi, Habdi (2021) Hubungan Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_HABDI_YALDI_15073037_838_2021.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan guru memiliki hubungan yang sangat erat dengan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Disiplin bagi guru berguna untuk meningkatkan kualitas, atau mutu pendidikan. Motivasi belajar merupakan dorongan/rangsangan dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal) diri siswa yang memberikan dorongn untuk belajar dengan yakin dan tekun. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 70 siswa kelas X TKR. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa dan 11 orang guru yang mengajar pada bidang studi Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data dokumentasi.Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha, Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif.Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru dengan motivasi belajar siswa. Hubungan yang signifikan di sini di buktikan dengan perolehan rhitung sebesar 0,885 dan nilai rtabel dengan jumlah N = 11 pada taraf signifikansi 5 persen adalah 0,602. sehingga 0,885> 0,602 atau rhitung> rtabelpada variabel Kedisiplinan Guru (X).Sedangkan pada variabel Motivasi Belajar Siswa (Y) diperoleh rhitung sebesar 0,885. Nilai rtabel dengan jumlah N = 36 pada taraf signifikansi 5 persen adalah 0,329. Dilihat dari perolehan r diketahui bahwa 0,885> 0,329 atau rhitung> rtabel.Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru dengan motivasi belajar siswa kelas X teknik kendaraan ringan.Saran guru sebaiknya lebih meningkatkan kedisiplinan sehingga dapat memotivasi siwa dalam prosesd pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:54
Last Modified: 24 Sep 2021 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18513

Actions (login required)

View Item View Item