Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Pelajaran Seni Tari di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri I Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Handayeni, Devina (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Pelajaran Seni Tari di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri I Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEVINA_HANDAYENI_1106114_4952_2016.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran tutor sebaya pada pelajaran seni tari di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri I Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, metode tutor sebaya, dan pelajaran seni tari di sekolah. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sementara objek penelitian adalah pembelajaran seni tari yang diberikan kepada 25 orang siswa kelas XI IPS-2, dengan materi modifikasi gerak tari nusantara, yang berlansgung pada sementer genap tahun ajaran 2015/2016. Hasil yang ditemuakan dalam penelitan ini adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya di kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman untuk pembelajaran seni tari belum memuaskan. Masalah yang muncul di antaranya adalah karena guru tidak melaksanakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai dengan yang telah dirancang. Kemampuan guru Seni Budaya yang bukan berlatar belakang bidang tari, namun tetap mengajar tari sesuai dengan bidang studi yang dipegangnya. Pembelajaran seni tari menggunakan metode tutor sebaya tidak maksimal, karena ada beberapa tahapan pelaksanannya yang tidak dilaksanakan guru sebagaimana mestinya. Sehingga hasil pembelajaran seni tari dengan penggunaan metode tutor sebaya, yang awalnya untuk memecahkan masalah pembelajaran, berubah menjadi penyebab timbulnya masalah lain dalam belajar tari, misalnya waktu belajar yang tidak efektif, siswa tidak berkonsentrasi, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:25
Last Modified: 11 Oct 2018 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18361

Actions (login required)

View Item View Item