Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi

Sumarni, Sumarni and Armiati, Armiati and Susanti, Nora (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. In: Prosiding Asean Comparative Education Research Conference (Acer-N 2015): Pendidikan Berkualiti ke Arah Pembentukan Nilai dan Peningkatan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat, 7-8 Oktober 2015, Malaysia.

[img]
Preview
Text
2015 Prosiding malaysia STAD.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement and Division (STAD) pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pelaksanaan penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu; 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan, 3) Tahap pengamatan, dan 4) Tahap refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi, wawancara dan hasil tes. Unsur-unsur yang diamati dalam pelaksanaan mengacu pada apa yang tertera pada butir-butir lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penggunaan Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat dapat meningkatkan aktivitas positif mahasiswa, dengan persentase 60% pada siklus I, dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. 2) Penggunaan Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada siklus I, rata-rata 66 dengan persentase ketuntasan 45%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 85%. Berdasarkan nilai yang diperoleh mahasiswa dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement and Divisions (STAD) berhasil digunakan pada penelitian tindakan kelas ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:39
Last Modified: 09 Oct 2018 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18209

Actions (login required)

View Item View Item