Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang

Afriani, Yelsa (2016) Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_YELSA_AFRIANI_1200894_4555_2016.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum menggunakan Teknik TTW, (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sesudah menggunakan Teknik TTW, (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan Teknik TTWterhadap hasil belajar menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah 240 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas satu kelas, yaitu kelas X.6 berjumlah 31 orang siswa.Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum menggunakanTeknik TTWdan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsesudah menggunakanTeknik TTW. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum dan sesudah menggunakan Teknik TTW. Data dianalisis dengan rumus Uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum menggunakan Teknik TTWberada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 62,72.Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8Padang sesudah menggunakan Teknik TTW berada pada kualifikasi Baik (B) dengan ratarata 77,96. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = n – 1 karena thitung > ttabel (6,24 > 1,70). Berdasarkan uji-t, Teknik TTW berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:15
Last Modified: 08 Oct 2018 09:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18158

Actions (login required)

View Item View Item