Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang

Destri, Silvia (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SILVIA_DESTRI_1100860_4508_2015.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2014/2015, berjumlah 211 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampel sebanyak 34 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi baik (78,28). Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang belum memenuhi KKM karena rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa lebih kecil daripada KKM (78,28<80,00). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi baik (78,67). Keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang belum memenuhi KKM karena rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa lebih kecil daripada KKM (78,67<80,00). Ketiga, berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan derajat keabsahan n-1 karena thitung >ttabel (8,48 >2,042). Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan keterampilan membaca pemahaman teks esposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Dengan kata lain, untuk terampil menulis teks eksposisi diperlukan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:12
Last Modified: 08 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18133

Actions (login required)

View Item View Item